Cerita

‘Aisyiyah: Training for Trainers di Purbalingga dengan Pembelajaran dari Program MAMPU

(19/2) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Purbalingga adakan Training of Trainer program ‘Aisyiyah yaitu Qoryah Thoyyibah. Model pendekatan yang dilatihkan adalah model pembelajaran yang didapatkan ‘Aisyiyah dari program dukungan MAMPU, yaitu pendekatan masyarakat melalui Balai Sakinah ‘Aisyiyah (BSA). Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Purbalingga ini bertema Tahap 1 Menuju Penguatan Pimpinan dan Kelembagaan.

Disampaikan oleh Eny Winaryati selaku Koordinator MAMPU ‘Aisyiyah Jawa Tengah bahwa kegiatan ini ini dihadiri oleh peserta utusan dari PDA juga Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) yang ada di Purbalingga. Eny menambahkan bahwa training ini dilaksanakan oleh PDA Purbalingga dan berlangsung dalam 3 kelas dengan 3 kategori peserta.

“Untuk peserta PDA dibekali ToT tahap 1, peserta dari PCA diberikan pelatihan motivator, sedangkan kader yang sudah pernah menerima pembekalan sebelumnya maka diberikan materi penyegaran,” ujar Eny.

Menurut Umul Baroroh dari Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah, PWA Jateng memang sedang giat melaksanakan ToT di semua daerah untuk pelaksanaan program unggulan ‘Aisyiyah yang berlaku nasional yakni Qoryah Thoyyibah (QT) dan Keluarga Sakinah (KS).

“Model MAMPU diterapkan dalam program QT ini karena PP ‘Aisyiyah melihat adanya hasil positif dari pendekatan program yang dilakukan melalui kelompok Bina Sakinah ‘Aisyiyah” ungkap Umul. “Oleh karena itu model BSA-MAMPU tersebut kemudian kami duplikasi dalam program QT” jelas Umul lebih lanjut.

Diharapkan program QT ini bisa segera dilaksanakan dengan baik, menggunakan model pendekatan yang dihasilkan dari program ‘Aisyiyah-MAMPU.

Ditulis oleh Suri Putri (‘Aisyiyah)