Cerita

‘Aisyiyah Sumedang Gelar Workshop Kepemimpinan Perempuan

Jumat (17/2) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Sumedang adakan lokakarya bertema ‘Mendorong Kepemimpinan Perempuan melalui Penguatan Dakwah Pemberdayaan dan Advokasi melalui Program MAMPU-‘Aisyiyah. Diadakan di Sumedang, Jawa Barat workshop ini diikuti lebih dari 20 peserta dari Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, tiga Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah serta Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah.

Hajar Nur Setyowati dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah sampaikan bahwa dasar pemikiran lokakarya ini adalah kenyataan bahwa kepemimpinan perempuan diperlukan bagi perkembangan organisasi dan keberlangsungan program ‘Aisyiyah.

“Kepemimpinan perempuan adalah elemen penting dalam dakwah Muhammadiyah-‘Aisyiyah karena akan menumbuhkan penggerak isu perempuan yang membuat dinamis keberlangsungan dakwah,” jelas Hajar.

Melalui lokakarya ini juga dikenalkan kepada ‘Aisyiyah Sumedang akan pentingnya pemberdayaan dan advokasi yang menjadi strategi pelaksanaan program nasional ‘Aisyiyah yakni Qoryah Thayyibah (QT). Hal tersebut dikarenakan Sumedang akan menjadi daerah modeling program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan sebagai bentuk implementasi QT.

Lokakarya ini menghadirkan fasilitator dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah yang menyampaikan beberapa materi tentang kepemimpinan seperti Strategi Membangun Jaringan dan Sinergi Kelembagaan serta tentang Isu-Isu Perempuan dan Kesehatan Reproduksi dalam Pandangan Islam Berkemajuan yang menjadi fokus program yang akan dijalankan.

Menurut Hajar, harapan dari workshop ini adalah peserta memiliki kesadaran tentang pentingnya kepemimpinan perempuan, dakwah pemberdayaan, dan dakwah advokasi sebagai strategi dakwah ‘Aisyiyah.

Ditulis oleh Suri Putri.