Cerita

‘Aisyiyah Cilacap Laksanakan Tes IVA di Maos Lor, Jawa Tengah

Pada 6 Februari 2017, PDA Cilacap kembali berhasil mengajak lima anggota Balai Sakinah ‘Aisyiyah (BSA) Maos Lor, Cilacap, Jawa Tengah untuk melaksanakan tes dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Disampaikan oleh Wachidah Sunarti selaku koordinator program MAMPU-‘Aisyiyah Cilacap, Maos Lor merupakan daerah dampingan dari Program MAMPU. Program test IVA ini sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Cilacap.

Tes IVA ini dilaksanakan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Maos Lor di mana para ibu diperiksa secara gratis. Tes IVA ini dibiayai sepenuhnya oleh Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Maos Lor.

“Pada hari ini kami berhasil melaksanakan tes IVA untuk 5 orang ibu anggota BSA dan alhamdulillah hasilnya semua negatif,” ungkap Wachidah.

Namun, diakui oleh Wachidah memang belum semua anggota BSA Maos Lor bersedia mengikuti tes IVA ini dengan beberapa alasan.

“Tetapi kami tidak pantang menyerah, kesehatan reproduksi adalah salah satu isu yang penting diketahui oleh para perempuan karena itu kami akan terus melakukan sosialisasi bagi para ibu yang belum bersedia melakukan tes,” ujar Wachidah.

Disampaikan oleh Wachidah, ‘Aisyiyah Cilacap berharap kedepannya akan semakin banyak perempuan yang sadar akan pentingnya kesehatan reproduksi mereka dan juga peduli untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka salah satunya dengan secara rutin melaksanakan tes IVA.

 

Ditulis oleh: Suri Putri Utami (‘Aisyiyah)